A.
Pengertian Sastra Betawi
Sastra Betawi merupakan sebuah karya
yang menggunakan bahasa Betawi dan dikarang oleh orang Betawi. Namun mereka
yang bukan keturunan suku Betawi juga bisa membuat sebuah karangan Betawi. Tapi
pada umumnya, kesusastraan Betawi ditulis oleh orang Betawi. Disampaikan dalam
bahasa Betawi. Dibaca atau didengar oleh orang Betawi. Maka isi ceritanya tentu
berkaitan dengan kehidupan mereka. Di dalamnya, tentu menyangkut adat-istiadat,
agama, tingkah laku, dan keadaan alam Betawi. Inilah yang dimaksud bahwa
kesusastraan mencerminkan keadaan masyarakatnya.
Istilah Betawi digunakan untuk
menyatakan suku asli yang menghuni Jakarta dan bahasa Melayu Kreol yang
digunakannya dan juga kebudayaan Melayunya. Kata Betawi berasal dari kata
"Batavia,"
yaitu nama lama Jakarta pada masa Hindia Belanda.
Konon nama Betawi berasal dari pengucapan lidah
orang setempat yang sulit menyebut “ batawi” menjadi Betawi.
Betawi
memiliki banyak adat istiadat seperti upacara perkawinan, upacara” nujul
bulanan”, upacara sunatan dan masih banyak lagi. Karya sastra Betawi juga
banyak macamnya seperti pantun, jampe, hikayat dan lain-lain dengan ciri khas
Betawi pada umumnya. Dan kebudayaan Betawi yang memiliki ciri khas seperti
ondel-ondel, lenong dan lain-lan
B. Sejarah
Suku Betawi
Sifat
campur-aduk dalam dialek Betawi adalah cerminan dari kebudayaan Betawi secara
umum, yang merupakan hasil perkawinan berbagai macam kebudayaan, baik yang
berasal dari daerah-daerah lain di Nusantara maupun kebudayaan asing. Di bidang
kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal
dari seni musik Cina, tetapi juga ada rebana yang berakar pada tradisi musik
Arab, Keroncong Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab,dan Tanjidor yang
berlatarbelakang ke-Belanda-an.
Secara
biologis, mereka yang mengaku sebagai orang Betawi adalah keturunan kaum
berdarah campuran aneka suku dan bangsa. Mereka adalah hasil kawin-mawin
antaretnis dan bangsa di masa lalu.
Pada
awal abad ke-17 perbatasan antara wilayah kekuasaan Banten dan Batavia
mula-mula dibentuk oleh Kali Angke dan kemudian Cisadane. Kawasan sekitar
Batavia menjadi kosong. Daerah di luar benteng dan tembok kota tidak aman,
antara lain karena gerilya Banten dan sisa prajurit Mataram (1628/29) yang
tidak mau pulang. Beberapa persetujuan bersama dengan Banten (1659 dan 1684)
dan Mataram (1652) menetapkan daerah antara Cisadane dan Citarum sebagai
wilayah kompeni. Baru pada akhir abad ke-17 daerah Jakarta sekarang mulai
dihuni orang lagi, yang digolongkan menjadi kelompok budak belian dan orang
pribumi yang bebas. Sementara itu, orang Belanda jumlahnya masih sedikit
sekali. Ini karena sampai pertengahan abad ke-19 mereka kurang disertai wanita
Belanda dalam jumlah yang memadai. Akibatnya, benyak perkawinan campuran dan
memunculkan sejumlah Indo di Batavia. Tentang para budak itu, sebagian besar,
terutama budak wanitanya berasal dari Bali, walaupun tidak pasti mereka itu
semua orang Bali. Sebab, Bali menjadi tempat singgah budak belian yang datang
dari berbagai pulau di sebelah timurnya.
Orang
atau Suku Betawi sebenarnya terhitung pendatang baru di Jakarta. Kelompok etnis
ini lahir dari perpaduan berbagai kelompok etnis lain yang sudah lebih dulu
hidup di Jakarta, seperti orang Sunda, Jawa, Tiong Hoa, Arab, Bali, Sumbawa,
Ambon, dan Melayu. Antropolog Universitas Indonesia, Dr Yasmine Zaki Shahab MA
menaksir, etnis Betawi baru terbentuk sekitar seabad lalu, antara tahun
1815-1893.
Perkiraan
ini didasarkan atas studi sejarah demografi penduduk Jakarta yang dirintis
sejarawan Australia, Lance Casle. Di zaman kolonial Belanda, pemerintah selalu
melakukan sensus, di mana dikategorisasikan berdasarkan bangsa atau golongan
etnisnya. Dalam data sensus penduduk Jakarta tahun 1615 dan 1815, terdapat
penduduk dari berbagai golongan etnis, tetapi tidak ada catatan mengenai
golongan etnis Betawi.
Sejak
akhir abad yang lalu dan khususnya setelah kemerdekaan (1945), Jakarta
dibanjiri imigran dari seluruh Indonesia, sehingga orang Betawi - dalam arti
apapun juga - tinggal sebagai minoritas. Pada tahun 1961, ’suku’ Betawi
mencakup kurang lebih 22,9 persen dari antara 2,9 juta penduduk Jakarta pada waktu
itu. Mereka semakin terdesak ke pinggiran, bahkan ramai-ramai digusur dan
tergusur ke luar Jakarta. Walaupun sebetulnya, ’suku’ Betawi tidaklah pernah
tergusur atau digusur dari Jakarta, karena proses asimilasi dari berbagai suku
yang ada di Indonesia hingga kini terus berlangsung dan melalui proses panjang
itu pula lah ’suku’ Betawi hadir di bumi Nusantara.
C. Karya
Sastra Betawi
1.
Pantun
Satu
hal yang sangat menonjol dalam pantun Betawi ini adalah kuatnya ciri yang
menunjukkan ekspresi yang spontan. Hampir semua sampiran memperlihatkan nada
yang demikian. Boleh jadi semangat dan ekspresi spontanitas itu didasari oleh
keinginan untuk membangun kesamaan bunyi: ab-ab. Oleh karena itu, sampiran
umumnya tidak ada kaitannya dengan isi. Sampiran seperti terlontar begitu saja,
lepas, bebas, tanpa beban. Perhatikan contoh berikut:
Ngisi tinta pulpennya
bersih
Buru-buru gambarin
kura
Biar nyata
direpormasih
Guru-guru belon
gumbira
Belah nangka di daon
waru
Daon digelar ama
pengejeg
Sapa nyangka nasibnya
guru
Pagi ngajar sorenya
ngojeg
Berkenaan dengan isi pantun, sejumlah
besar pantun Betawi, selain coba mengungkapkan berbagai nasihat yang berkaitan
dengan etika, moral, adab, sopan santun, dan ajaran-ajaran agama, juga begitu
banyak memuat kritik sosial. Maka, kita akan melihat, betapa pantun Betawi
boleh dikatakan sebagai representasi dinamika kehidupan sosial budaya, dan
sejarah masyarakat Betawi.
Berbalas pantun sering digunakan dalam
acara perkawinan yang biasa disebut buka palang pintu. Caranya, si keluarga
mempelai pria menjelaskan maksud kedatangan mereka dengan menggunakan pantun
Betawi. Keluarga mempelai wanita juga menjawab dengan pantun, sehingga
terjadilah berbalas pantun.
Berikut penggalan pantun seperti yang
kerap dilakukan dalam prosesi Buka Palang Pintu:
L (keluarga laki-laki) : Assalamu’alaikum
P (keluarga perempuan) : Walaikum salam.
L : Begini bang.
Makan sekuteng di Pasar Jum’at,
mampir dulu di Kramat Jati,
aye dateng ama rombongan dengan segala
hormat,
mohon diterime dengan senang hati
P : Oh, jadi lu uda niat dateng kemari.
Eh Bang, kalo makan buah kenari,
jangan ditelen biji-bijinye.
Kalo lu udeh niat dateng kemari.
Gue pengen tahu ape hajatnye?…
L : Oh. Jadi Abang pengen tahu ape hajatnye. Emang Abang
kagak dikasih tau ame tuan rumehnye.
Bang, ade siang ade malam,
ade bulan ade matahari,
kalo bukan lantaran perawan yang
di dalam,
kaga bakalan nih laki, gue anterin ke
mari.
P : Oh. Jadi lantaran perawan Abang
kemari?…
Eh. Bang, kage salah Abang beli lemari,
tapi sayang kage ade kuncinye,
kage salah abang datang kemari,
tapi sayang tuh, perawan ude ade yang
punye
L: Oh.jadi tuh perawan ude ade yang
punye.
Eh Bang crukcuk kuburan Cine,
kuburan Islam aye nyang ngajiin,
biar kate tuh perawan udeh ade yang
punye,
tetep aje nih laki bakal jadiin
P: .Jadi elu kaga ngerti pengen jadiin.
Eh Bang kalo jalan lewat Kemayoran,
ati-ati jalannye licin,
dari pada niat lu kage kesampaian,
lu pilih mati ape lu batalin
L: Oh. Jadi abang bekeras nih.
Eh Bang ibarat baju udah kepalang
basah,
masak nasi udah jadi bubur,
biar kate aye mati berkalang tanah,
setapak kage nantinye aye bakal mundur
P: Oh. Jadi lu sangke kage mau mundur,
ikan belut mati di tusuk,
dalam kuali kudu masaknye,
eh. Nih palang pintu kage ijinin lu
masuk,
sebelum lu penuin persaratannye
L: Oh. Jadi kalo mao dapet perawan sini
ade saratnye, Bang.?
P: Ade, jadi pelayan aje ada saratnye,
apa lagi perawan.
L: Kalo begitu, sebutin saratnye. Bang.
P: Lu pengen tau ape saratnye?
Kude lumping dari tangerang,
kedipin mate cari menantu,
pasang kuping lu terang-terang,
adepin dulu jago gue satu-persatu
L: Oh. Jadi kalo mao dapet perawan sini
saratnye bekelai Bang.
P: Iye. Kalo lu takut, lu pulang.
L:
Bintang seawan-awan,
aye itungin beribu satu,
berape banyak Abang punya jagoan,
aye bakal adepin satu-persatu.
Biasanya setelah saling menantang dalam
pantun, masing-masing keluarga mengeluarkan jurus ala silat Betawi. Konon, pada
jaman dahulu mereka berkelahi betulan. Sekarang tentu saja perkelahian itu
hanya simbol belaka. Karena pada dasarnya pihak keluarga perempuan cuma
ingin melihat sejauh Mana kepandaian silat si calon mempelai pria.
Usai prosesi Buka Palang Pintu,
mempelai pria pun diterima keluarga mempelai wanita. Selanjutnya mereka
melakukan prosesi ijab dan kabul.
2.
Jampe
Jampe
Betawi, yang dibaca oleh dukun ketika mengobati orang sakit, sebenarnya paling
sarat dengan nilai sastra. Pembacaan jampe oleh para dukun bukan hanya
memancarkan aura magis yang menyembuhkan orang sakit, tapi intonasi dan cara
baca itu pun memiliki kekhasannya sendiri sehingga pada situasi itu tercipta
panggung sastra. Boleh dikatakan jampe adalah salah sastu jenis sastra yang
kemunculannya paling awal karena faktor kegunaannya bagi publik.
Berikut salah satu
contoh jampe Betawi untuk mengusir setan atau kuntilanak.
Sang ratu kuntilanak
Anak-anak mati
beranak
Sundel malem mati di
kolong
Si borok tongtong
Ke kitu ke kidang
Ke tegal awut-awutan
Ke duku pata paluna
Nenek luwung gede
Kaki cai gede
Mahula deket-deket
Mahulang ke manusa
3.
Hikayat
Hikayat
Betawi berarti hikayat yang disampaikan dalam bahasa Bahasa Betawi, walaupun
juga banyak menggunakan bahasa Indonesia dalam penyampaiannya. Hikayat Betawi
merupakan salah satu ragam tradisi lisan masyarakat (etnis) Betawi yang mulai
tergeser atau terdesak hilang di tengah budaya pop. Salah satu contoh Hikayat
Betawi adalah Si Pitung.
Pada
dasarnya ada tiga versi yang tersebar di masyarakat mengenai si Pitung yaitu
versi Indonesia, Belanda, dan Cina. Masing-masing penutur versi cerita tersebut
memiliki versi yang berbeda dari cerita si Pitung itu sendiri. Apakah Si Pitung
sebagai seorang pahlawan berdasarkan versi cerita Indonesia, dan sebagai
seorang penjahat jika dilihat dari versi Belanda. Cerita Si Pitung ini
dituturkan oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini dan menjadi bagian
lengenda serta warisan budaya Betawi khususnya dan Indonesia umumnya., Si
Pitung diidentikan dengan tokoh Betawi yang membumi, muslim yang shaleh, dan
menjadi contoh suatu keadilan sosial.
Kisah
Si Pitung menggambarkan sosok pendekar Jakarta
dalam menghadapi ketidakadilan yang ditimbulkan oleh penguasa Hindia Belanda
pada masa itu. Kisah ini diyakini nyata keberadaannya oleh para tokoh
masyarakat Betawi
terutama di daerah Kampung Marunda di mana terdapat Rumah dan Masjid
lama.
D.
Seni dan Kebudayaan Betawi
a) Musik
Dalam bidang
kesenian, misalnya, orang Betawi memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni usic Tionghoa, tetapi juga ada Rebana yang berakar pada tradisi usic Arab, Keroncong
Tugu dengan latar belakang Portugis-Arab, dan Tanjidor yang berlatarbelakang ke-Belanda-an. Saat ini Suku Betawi terkenal dengan seni Lenong, Gambang Kromong, Rebana Tanjidor dan Keroncong. Betawi juga memiliki lagu
tradisional seperti “Kicir-kicir”.
b) Seni Tari
Seni
tari di Jakarta merupakan perpaduan antara nsure-unsur budaya masyarakat yang
ada di dalamnya. Contohnya tari Topeng Betawi, Yapong yang dipengaruhi tari Jaipong Sunda, Cokek dan lain-lain. Pada awalnya, seni tari di Jakarta memiliki
pengaruh Sunda dan Tiongkok, seperti tari Yapong dengan kostum penari khas
pemain Opera Beijing. Namun Jakarta dapat dinamakan
daerah yang paling dinamis. Selain seni tari lama juga muncul seni tari dengan
gaya dan koreografi yang dinamis.
c) Drama
Drama
tradisional Betawi antara lain Lenong. Pementasan lakon tradisional ini
biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari rakyat Betawi, dengan diselingi
lagu, pantun, lawak, dan lelucon jenaka. Lenong adalah kesenian teater
tradisional atau sandiwara rakyat Betawi
yang dibawakan dalam dialek Betawi yang berasal dari Jakarta.
Kadang-kadang pemeran lenong dapat
berinteraksi langsung dengan penonton.
d) Senjata Tradisional
Senjata
khas Jakarta adalah bendo atau golok yang bersarungkan terbuat
dari kayu.
e)
Makanan
Jakarta
memiliki beragam masakan khas sebagai kekayaan kuliner Indonesia. Sebagai kota
metropolitan Jakarta banyak menyediakan makanan khas. Salah satu ciri dari
makanan khas Jakarta adalah memiliki rasa yang gurih. Makanan-makanan khas dari
Betawi / Jakarta di antaranya adalah : kerak telor,
kembang goyang, roti buaya, kue rangi.
f) Ondel-Ondel
Ondel-ondel
adalah pertunjukan rakyat yang sudah berabad-abad terdapat di Jakarta dan
sekitarnya, yang dewasa ini menjadi wilayah Betawi. Ondel-ondel tergolong salah
satu bentuk teater tanpa tutur, karena pada mulanya dijadikan personifikasi
leluhur atau nenek moyang, pelindung keselamatan kampung dan seisinya.
Ondel-ondel lazimnya adalah sepasang laki-laki degan perempuan. Ondel-ondel
yang menggambarkan laki-laki mukanya bercat merah, yang menggambarkan perempuan
bermuka putih atau kuning. Ondel-ondel biasanya digunakan untuk memeriahkan
arak-arakan, seperti mengarak pengantin sunat dan sebagainya.
Bisa dipaparkan mengenai keunggulan sastra betawi dibanding dengan sastra nusantara lainnya?
BalasHapus